RSS

OPERASIONAL ELIMINASI/PERACUNAN ANJING DAN KUCING LIAR

16 Agu

Pemerintah Kota Padang Panjang amat konsekwen dengan komitmen yang telah dicanangkannya tentang PADANG PANJANG BEBAS RABIES TAHUN 2014. Segala ikhtiar dan upaya untuk pencapaian maksud tersebut akan terus dilaksanakan melalui program dan kegiatan yang ada pada SKPD terkait yaitu Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, diantaranya adalah berupa kegiatan eliminasi/peracunan Hewan Penular Rabies ( HPR ) liar.IMG_5691

Hal ini tentunya cukup beralasan karena perkembangan populasi HPR (seperti kucing dan anjing) di Padang Panjang terjadi peningkatan populasi yang cukup signifikan pada tahun 2012 yaitu dari 2065 ekor tahun 2011 menjadi 2495 ekor tahun 2012. Meskipun data perkembangan populasi ini cukup fluktuatif, namun kondisi terakhir yang demikian menjadi sebuah keniscayaan sebagai target operasi. Apalagi kalau kita lihat kasus gigitan (yang dilaporkan sesuai dengan mekanisme yang ada) dari tahun 2011 ke tahun 2012 juga terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan dimana tahun 2011 terjadi 53 kasus gigitan sedangkan tahun 2012 terjadi 59 kasus gigitan. Dan untuk tahun 2013 (sampai pertengahan tahun saja) telah terjadi 31 kasus gigitan. Sedangkan dari upaya yang telah dilaksanakan seperti kegiatan eliminasi/peracunan HPR liar baru dapat dilaksanakan pemusnahan sebanyak 606 ekor tahun 2011 dan 602 ekor tahun 2012.
Kemudian jika kita lihat tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi terhadap HPR peliharaan mereka ternyata sudah cukup baik. Dimana dari populasi sebanyak 2065 ekor tahun 2011, telah divaksin sebanyak 1305 ekor, sementara yang telah dieliminasi sebanyak 606 ekor. Meskipun demikian, artinya masih tersisa sebanyak 154 ekor HPR (yang belum terselesaikan) yang masih berkeliaran yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan masyarakat warga kota. Malah untuk tahun 2012 terjadi peningkatan yaitu dari populasi sebanyak 2495 ekor dan telah divaksinasi sebanyak 1523 ekor, sedangkan yang sudah dieliminasi baru sebanyak 602 ekor. Artinya masih terdapat sebanyak 370 ekor HPR yang belum divaksin dan belum dieliminasi.
Mencermati perkembangan kondisi sebagaimana yang digambarkan diatas, maka pada tahun 2013 ini akan dilaksanakan beberapa kali kegiatan eliminasi/peracunan HPR liar oleh Tim Pelaksana Operasi Eliminasi Hewan Penular Rabies Kota Padang Panjang yang telah dibentuk dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota Padang Panjang Nomor : 524.5/129/WAKO-PP/2013. Untuk yang pertama akan dilaksanakan pada Senin tanggal 19 Agustus 2013 dan dilanjtkan pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2013. Target dari operasi ini terutama adalah anjing dan kucing liar atau yang berkeliaran yang tidak jelas atau tidak ada pemiliknya. Sebab HPR-HPR inilah yang dikhawatirkan akan mengancam keselamatan masyarakat warga kota dengan gigitan-gigitannya yang kita tidak bisa pastikan apakah bebas dari rabies.
Untuk itu diharapkan kepada warga kota atau masyarakat pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan/atau kucing agar senantiasa mengawasi dan betul-betul memperhatikan hewan peliharaan tersebut. Misalnya bagi yang belum divaksin secepatnya dilakukan vaksinasi, dan bagi hewan peliharaan yang tidak diikat, supaya dipasang tali pengikatnya. Sehingga dengan demikian upaya kita untuk membebaskan Kota Padang Panjang dari penyakit Rabies tahun 2014, dengan dukungan semua pihak, akan dapat kita wujudkan. Artinya kententeraman warga kota akan jadi terjamin dari kemungkinan adanya penularan penyakit Rabies dari hewan penular rabies yang adadi Kota Padang Panjang ini. Semoga ??????????????

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 16, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: