RSS

KEFIR

30 Okt
DSC_1413

Berbagai hasil olahan susu Kape Raun

Kefir adalah makanan fungsional probiotik (mikroorganisme yang berguna, dan kalau konteksnya adalah pangan, berarti makanan atau minuman yang berisi mikroorganisme-mikroorganisme yang begitu masuk dalam tubuh akan dapat berguna dan meningkatkan kesehatan tubuh). Kefir terbuat dari bahan susu sapi murni tanpa pemanasan terlebih dahulu yang difermentasi dengan kefir grains dan berasal dari daerah Kaukasus.

Asal mula nama Kefir diduga dari bahasa Turki ‘Keif’, yang berarti keadaan atau kondisi yang baik. Dugaan yang lebih memiliki landasan adalah bahwa nama Kefir berasal dari “kaafuura”, yaitu nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya dan lezat rasanya. Kata ini tercantum dalam Al Qur’an, yaitu pada Surat Al Insaan, ayat 5. Dari wujudnya kefir berbeda dengan yogurt dan dari rasa pun lebih asam dari yogurt. Kefir sendiri bisa terdiri dari 2 jenis (krim dan bening)

Masyarakat pegunungan Kaukasus rata-rata berusia panjang mencapai usia 100 tahun, percaya bahwa benih kefir diberikan pada masyarakat Kaukasus oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga benih kefir itu disebut “butir benih dari Nabi” (The Grains of Prophet).

Kefir selain menjaga kesehatan juga bisa melakukan penyembuhan / recovery terhadap sel-sel atau bakteri-bakteri baik dalam tubuh yg sudah rusak, karena kefir mengandung mineral dan asam amino essensial yg berfungsi sebagai unsur pembangun, pemelihara dan memperbaiki sel yang rusak.

Bagi anda yang berada di Kota Padang Panjang, terdapat sebuah Kafe bernama Kape Raun yang terletak di Kelurahan Bukit Surungan (dekat Terminal Bus). Kape ini memproduksi berbagai macam olahan susu murni seperti : susu pasteurisasi, es krim susu, Pempek Susu, Permen Susu maupun susu olahan fermentasi. Nah !! bagi yang berminat silahkan saja datang ke tempat Kape Raun tersebut.

oleh : @r.charlie

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 30, 2013 in Uncategorized

 

One response to “KEFIR

  1. yulionce

    Februari 15, 2014 at 5:10 pm

    Bagaimana dengan kandungan laktosa dan protein susunya stelah di jadikan kefir, berkurang atau bertambah kah..mengingat susu yg di gunakan adalah susu segar tanpa pemanasan..???tq b4

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: