RSS

LANGKAN

LANGKAN

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ada rasa syukur yang dalam yang bergejolak di hati, atas semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Tak terhitung banyak dan jumlahnya.  Kalau ingin menghitung pun kita tak mampu bahkan tak kuasa. Coba bayangkan, ketika kita mau menuliskannya !!!! Sudah habis semua air di lautan sebagai tintanya, dan sudah habis pula seluruh dedaunan di hutan dan belantara sebagai kertasnya, bahkan sudah habis pula batang pohon sampai ke dahan dan rantingnya sebagai penanya, namun yang namanya nikmat Allah itu, belum selesai juga kita hitung. Kalau mau dikira, mungkin itu baru sebagian kecil bahkan teramat kecil.  Makanya pantaslah kita bersyukur untuk semua itu. Karena itulah cara terbaik agar nikmat yang sudah amat sangat banyak itu, akan terus ditambah, ditambah, bahkan ditambah terus. SUBHANALLAH.

Allah SWT telah menganugerahkan kita ‘akal untuk berpikir. Allah SWT juga telah menganugerahkan alam beserta segala isinya bagi kepentingan umat manusia, ya kita-kita ini.

Hewan ternak adalah sebagian kecil dari isi alam yang akan dapat dimanfaatkan oleh manusia bagi kepentingannya. Mulai dari meringankan kerja berat yang harus dilaksanakannya, atau mungkin sekedar untuk kesenangan belaka, atau mungkin lebih dari itu. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan, atau mungkin juga sekedar tabungan atau deposito. Terserah dari sisi mana dan untuk kepentingan apa ternak itu akan dimanfaatkan oleh manusia, tergantung dari motivasi dan keinginan serta kebutuhan manusia itu sendiri. Yang jelas ternak itu akan sangat besar manfaatnya bagi kita, dan itu pasti. Sebab Allah SWT tidak pernah menciptakan sesuatu itu dengan sia-sia, tanpa makna dan tidak berarti apa-apa. Hanya kitalah yang kadang-kadang tidak cukup mampu untuk mendefinisikan atau menterjemahkan dari setiap penciptaan itu. Nyamuk saja yang kecil (yang bagi sebagian orang terlihat sebagai sesuatu yang tidak berguna), ternyata telah dapat menghidupkan atau memberi hidup jutaan orang di negeri ini. Hitung saja, berapa juta orang yang bekerja dan hidup dari sebuah pabrik obat nyamuk (yang tak terhitung pula banyak jenis dan macamnya). Begitulah karunia Allah SWT. SUBHANALLAH.

Begitulah.  Binatang kecil yang tidak terpelihara  saja telah memberi manfaat kepada banyak manusia. Apalagi binatang ternak yang memang khusus dapat dipelihara. Tentunya nilai manfaat itu akan lebih besar lagi akan didapatkan oleh yang memeliharanya. Tinggal lagi bagi kita yang akan memelihara. Apakah ada kesungguhan kita untuk itu atau memang hanya sekedarnya saja. Sebab jika kita bisa sungguh-sungguh tentu hasil yang diperoleh akan bisa berlipat-lipat. Sebaliknya, jika kita dalam memelihara ternak itu tidak pula dengan sepenuh hati, jelas hasilnya pun akan setengahnya pula. Oleh karenanya, sepanjang ternak itu masih mau untuk dipelihara, maka peliharalah dengan semestinya. Dan pada saatnya nanti, lihatlah hasilnya. Dia akan memberikan nilai lebih dari upaya dan kerja keras yang telah diberikan kepada ternak itu. Maka, sepanjang ternak itu masih mau dipelihara, hendaklah dipelihara dengan semestinya. Karena pada gilirannya ternak itu akan memberikan kesejahteraan kepada kita. ANDA MASIH BELUM PERCAYA ????? YA, COBA SAJA. Bravo Peternak, Bravo Peternakan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: